Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Jumlah Perusahaan Berdasarkan Sektor dan Subsektor di IDX

How to Find Out the Number of Companies Based on Sector and Subsector on IDX

Salam hangat dan bahagia sahabatku. Kali ini penulis membagikan cara mengetahui jumlah perusahaan atau emiten di IDX berdasarkan sektor dan subsektor. Seringkali mahasiswa kesulitan menentukannya. Maklum mahasiswa yang berkonsentrasi keuangan sering menggunakan laporan keuangan di situs IDX sebagai sumber data analisis. Untuk itu penulis menjelaskan dengan sejelas-jelasnya di bawah ini. Tunggu apa lagi ayo disimak. 

idx-laporan keuangan-neraca-rugi laba
Cara mengetahui jumlah perusahaan, sektor dan subsektor

Pengantar dan Pentingnya Memahami Sektor dan Subsektor    di IDX

Secara umum mengetahui jumlah perusahaan yang beroperasi atau tercatat di Bursa Efek Indonesia sangatlah penting untuk bahan pertimbangan. Terutama bagi investor dalam memilih perusahaan mana yang seharus mendatangkan keuntungan. Demikian pula bagi analis. Seorang analis akan mencari kepastian jumlah emiten dalam bursa. Data-data yang valid akan menghasilkan penelitian dan pengambilan keputusan yang tepat. Tidak kalah pentingnya juga hal ini berguna bagi strategi investasi. Langkah-langkah strategik dapat dibuat dengan didukung oleh data-data empirik yang objektif.

Cara mengakses situs resmi IDX

Mendapatkan data-data perusahaan khususnya berdasarkan sektor dan subsektor dapat dilakukan dengan mudah. Sahabat dapat menggunakan situs (www.idx.co.id). Navigasi pada website resmi IDX sangat menarik dan mudah untuk digunakan. Dibuat sedemikian rupa dengan kelengkapan yang dibutuhkan. Dengan demikian para analis atau investor dengan mudah mengakses informasi melalui navigasi tersebut.

Memanfaatkan Laporan Perbulan yang Diterbitkan IDX

Bagi yang membutuhkan data dapat juga memanfaatkan laporan bulanan yang diterbitkan IDX. Laporan tersebut lengkap dan informatif. Disediakan jumlah perusahaan yang tercatat. Kemudian disajikan secara terstruktur mengenai sektor dan subsektor. Kita tinggal mengunduh dan mempelajari laporan tersebut. Laporan keuangan telah dibuat secara tersistimatis dan terorganisir. Hal ini memundahkan dalam mencari informasi sesuai kebutuhan.

Menggunakan Tools atau Sumber Lain yang relevan dan Terbaru

Sahabat juga bisa memanfaatkan website yang menyediakan data-data atau informasi yang dibutuhkan. Misalnya SahamOk dan lain-lain. Cara menggunakan SahamOk sangatlah mudah. Masuk kedalam website dan kita sudah bisa mengakses data sektor dan subsektor perusahaan.

Contoh Praktis Mengetahui Jumlah Perusahaan Berdasarkan Sektor dan Subsektor di IDX

Berikut ini kita akan memanfaatkan website IDX untuk menemukan data-data perusahaan berdasarkan sektor dan subsektor. Tanpa membuang waktu inilah langkah-langkahnya:

  • Ketik IDX di kotak telusur lalu pilih PT. Bursa Efek Indonesia (IDX)
  • Sorot Data Pasar lalu klik Statistik
  • Klik Tahunan untuk memindahkan pilihan
  • Pilih periode (Biasanya data terbaru tahun 2024 belum tersedia, pilih tahun 2023)

  • Klik pada tanda unduh seperti gambar ini:
  • Maka proses download berjalan dan hasilnya seperti ini:
  • Untuk mengetahui jumlah total perusahaan terdaftar (Januari-Desember 2023) dengan cara scroll kebawah sampai pada Regular Market (January - Dec 2023) halaman 31 seperti ini:

  • Jika di scroll terus ke bawah maka nampak total perusahaan sebanyak 857 (Diakses tanggal 23 Juli 2024) Jam 13.07, tampilannya seperti ini:
 
  • Untuk mengetahui sektor dan subsektor sangat mudah dilakukan yatu scroll satu kali kebawah sampai pada tampilan ini:
  • Pada gambar di atas nampak dimulai pembagian berdasarkan klasifikasi sektor dan subsektor. Bagi peneliti dengan mudah bisa menentukan pilihan pada perusahaan yang akan di analisis laporan keuangannya.
  • Silahkan scroll kebawah sesuai kebutuhan
 
Bagaimana sahabat? mudahkan! jadi langkah-langkah di atas jika diikuti dengan seksama akan dengan mudah memperoleh datanya. Mudah-mudahan bisa membantu kebutuhan sahabat sekalian. Jika ada pertanyaan silahkan di sampaikan lewat email ya. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan ini.